LATAR BELAKANG

Kecamatan Bojongloa Kidul adalah salah satu Kecamatan yang ada di Kota Bandung, yang mempunyai jumlah penduduk mencapai 77.089 Jjiwa. Luas wilayahnya sekitar 590.75 ha dan terdiri dari 6 Kelurahan, 45 RW dan 266 RT.

Dari jumlah warga yang cukup besar itu, tiap hari terdapat banyak permohonan untuk layanan administrasi kependudukan di Kecamatan Bojongloa Kidul. Pengurusan administrasi kependudukan di Kecamatan ini ada berbagai macam jenis pelayanan, salah satu yang paling banyak pengajuan nya yaitu pelayanan permohonan KK dan KTP.

Tingginya jumlah pengurusan berkas kependudukan di Kecamatan Bojongloa Kidul melahirkan sejumlah kendala. Salah satu kendala tersebut yaitu keterbatasan bagi warga Manula/Manusia Usia Lanjut yang tidak dapat mengurus administrasi sendiri untuk datang langsung ke kantor kecamatan.

Untuk mengatasi hal tersebut kami dari kecamatan Bojongloa Kidul menghadirkan inovasi IKHLAS (Inovasi Khusus Layanan Lansia). Inovasi IKHLAS tercetus dari niat baik memberikan perhatian khusus serta memuliakan orang tua (untuk lansia), kemudahan akses layanan publik di bidang administrasi kependudukan khusus untuk warga masyarakat usia lanjut (Manula), Ketahanan pangan bagi Lansia dan kemudahan Akomodasi kendaraan (Ambulan) untuk mengantar ke Rumah Sakit terdekat.

Inovasi IKHLAS ini terdiri dari :

1. Nakula (Pelayanan Administrasi Kependudukan untuk Lansia)

Pelayanan Nakula ini diberikan kepada lansia yang belum memiliki KTP dan KK, ataupun yang belum melaksanakan perakaman sacara langsung, dengan kita mendatangi warga tersebut ke rumah yang bersangkutan.

2. SELASA (Sembako untuk Lansia)

Pelayanan Selasa ini dimaksud untuk pemberian Sembako kepada lansia yang dilakukan setiap hari selasa oleh Bapak Camat langsung yang bertujuan untuk ketahanan pangan warga tersebut terpenuhi.

3. AMALAN (Ambulan untuk Lansia)

Pelayanan Amalan ini di peruntukan kepada Lansia yang membutuhkan kendaraan (Ambulan) untuk ke Rumah Sakit terdekat.

STRUKTUR INOVASI IKHLAS

MAKSUD DAN TUJUAN

Maksud

Maksud dari inovasi IKHLAS ini yaitu ingin memberikan pelayanan prima dengan membantu mempermudah proses administrasi kependudukan khususnya KTP dan KK, ketahanan pangan terjaga dan kemudahan akses akomodasi untuk ke Rumah Sakit dengan menjemput/mendatangi rumah warga masyarakat Lansia di Kecamatan Bojongloa Kidul secara langsung, yang bersangkutan tidak perlu lagi datang ke kantor Kecamatan.

SASARAN/TARGET

Warga Kecamatan Bojongloa Kidul yang berusia lanjut (60 tahun keatas).

PERSYARATAN

  1. Warga Kecamatan Bojongloa Kidul.
  2. Belum mempunyai identitas diri baik E-KTP atau KK.
  3. Berusia lanjut (60 tahun ke atas).
  4. Hidup sendiri/ sudah tidak memiliki keluarga.

BENTUK KEGIATAN

Dengan cara jemput bola, artinya pihak kecamatan mendatangi langsung ke rumah warga masyarakat Usia lanjut (Manula), dan membantu melengkapi persyaratan yang harus di penuhi. Kemudian di bantu sampai saatnya KTP dan KK tercetak untuk di antarkan kembali kepada warga masyarakat yang bersangkutan.

SUMBER DAYA MANUSIA

Sumber daya manusia yang terlibat dalam pelaksanaan inovasi ini berasal dari internal Kecamatan Bojongloa Kidul. Mereka berasal dari sejumlah 6 Kelurahan yakni Kelurahan Situsaeur, Kelurahan Kebonlega, Kelurahan Cibaduyut, Kelurahan Cibaduyut Kidul, Kelurahan Cibaduyut Wetan dan Kelurahan.

Mekarwangi dan di perbantukan dengan RT/RW setempat. Mereka melakukan tugas di wilayah masing-masing. Mulai tahap perencanaan, perancangan program, uji coba, implementasi, dan pengembangan. Sumber daya manusia dari eksternal Kecamatan Bojongloa Kidul adalah para Lurah dan Kasie Pemerintan Kelurahan yang diajak turut melakukan sosialisasi program ini pada masyarakat. karena, inovasi IKHLAS ini belum diketahui oleh warga masyarakat Kecamatan Bojongloa Kidul.

PROSEDUR AWAL

  • Dilakukan Sosialisasi untuk warga.
  • Dilakukan Pendataan oleh Kelurahan/ Petugas.
  • Daftar nama di serahkan ke Kecamatan.
  • Dibuatkan Jadwal untuk di Proses.

SOP PENGAJUAN KK (± 5 HARI KERJA)

  1. Petugas Tim dating ke warga membawa berkas permohonan, kemudian di bantu untuk pengisian dan melengkapi persyaratan.
  2. Petugas meminta surat pengantar RT/RW.
  3. Petugas meminta surat pengantar ke Kelurahan.
  4. Kemudian di proses di Kecamatan.
  5. Setelah KK tercetak di antar kembali kepada warga yang bersangkutan.

SOP PENGAJUAN KTP (± 5 HARI KERJA)

  1. Petugas Tim datang ke warga membawa berkas permohonan, kemudian di bantu untuk pengisian dan melengkapi persyaratan.
  2. Apabila yang bersangkutan sudah melakukan perekaman, petugas hanya membawa berkas permohonan yang sudah di isi ke Kecamatan untuk di proses di Disdukcapil.
  3. Apabila yang bersangkutan belum melakukan perekaman dan kondisi warga memungkinkan dibawa ke kecamatan untuk di lakukan perekaman, maka petugas menjemputnya. Tetapi bila kondisi warga tidak memungkinkan untuk kekecamatan maka petugas menghubungi disdukcapil untuk melakukan perekaman di rumah warga yang bersangkutan.
  4. Setelah tercetak KTP di antar kembali kepada warga yang bersangkutan.

SOSIALISASI

Sosialisasi yg akan di lakukan itu dengan cara menginformasikan/membuat surat edaran melalui kelurahan, kemudian di pantulkan kepada RT/RW agar informasi cepat tersampaikan kepada warga masyarakat. Selain itu menyebar info lewat medsos, brosur ataupun leaflet, juga di sampaikan dalam pertemuan rapat rutin atau di acara pembinaan – pembinaan.

 

KEGIATAN IKHLAS
N A K U L A ( Pelayanan Administrasi Khusus Lansia)
DI KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL

Pemberian KTP dan Kartu Keluarga Kepada Warga Khususnya Lansia Oleh Kasi Pemerintahan di Kecamatan.

Pemberian KTP dan Kartu Keluarga Kepada Warga Khususnya Lansia Oleh Kasi Pemerintahan di Kelurahan-kelurahan.

KEGIATAN IKHLAS
S A L A S A ( Sembako Khusus Lansia )
DI KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL

KEGIATAN IKHLAS
A M A L A N ( Ambulan Untuk Lansia )
DI KECAMATAN BOJONGLOA KIDUL

Dalam upaya peningkatan pelayanan (kemudahan & mendekatkan)
kepada masyarakat terutama LANSIA
kami menghadirkan INOVASI
"IKHLAS" ( Inovasi Khusus Pelayanan Lansia )