Visi dan Misi

Visi

“Menjadikan Kecamatan Ujungberung Menjadi Mitra Utama pengembangan kawasan Bandung Timur Tahun 2008 Melalui Pelayanan Prima”.

Misi

1. Mewujudkan kinerja pemerintah kecamatan Ujungberung yang berjalan lebih efektif, efisien, transparan dan akuntable.

2. Mewujudkan Ujungberung yang tertib, bersih, dan tertata, berlandaskan kesadaran dan partisipasi seluruh warga masyarakat Ujungberung.

3. Mengembangkan sosial budaya di lingkungan kecamatan yang ramah dan berhati nurani yang didukung SDM yang handal dan religius.

4. Mengembangkan perekonomian kecamatan yang dinamis dan berpihak pada keadilan ekonomi.

Sejarah

 Kecamatan Ujungberung, dengan luas wilayah 6,612 kilometer persegi, terdiri dari lima kelurahan, yaitu Pasanggrahan, Pasirjati, Pasirwangi, Cigending, dan Pasirendah. Kelurahan Pasanggrahan merupakan yang terluas dari kelimanya, dengan luas wilayah 2,225 kilometer persegi atau 34,03 persen dari total luas kecamatan.

Secara topografis, wilayah Kecamatan Ujungberung berada di ketinggian 700-800 meter di atas permukaan air laut. Salah satu ikon kecamatan ini di kawasan timur Kota Bandung ini adalah Alun-alun Ujungberung yang revitalisasinya diresmikan pada 14 Juni 2015.

Secara administratif Per 2018, jumlah penduduk Kecamatan Ujungberung tercatat sebanyak 72.127 jiwa terdiri dari 35.762 perempuan dan 36.365 laki-laki.

Kelurahan Pasanggrahan menyumbang jumlah penduduk terbanyak, yakni 16.148 jiwa. Namun tingkat kepadatan tertinggi ditemukan di Kelurahan Cigendung, yakni di angka 14.018 jiwa per kilometer persegi.